Yuk Mengaji

Bismillahirrahmanirrahim.

Menyambut launching website Sekolah Alvania, maka terbetik hati kami untuk menyediakan ruang khusus untuk mengenal dan mendekatkan kita semua kepada nilai dan makna Al Quran.

Halaman ini berisi catatan pemahaman terhadap beberapa ayat Al Quran yang sifatnya kontemporer, ringan dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. 

Secara umum ada dua kategori format tulisan. Pertama dalam bentuk mini tafsir, Pembahasan ayat per ayat secara berurutan dimana di dalamnya juga dikutip pendapat beberapa mufasir terdahulu seperti Hamka, Ibnu Katsir dan Rasyid Ridha / Muhammad Abduh. Mini tafsir ini bertujuan sebagai bekal referensi serta sifatnya condong akademis.

Sedangkan format kedua adalah tematik, tadabur singkat mengenai suatu topik dengan mengambil referensi dari beberapa ayat lainnya dan juga hadits serta sumber-sumber lain. Tadabur tematik ini ibaratnya paket makanan yang bisa langsung dinikmati dan mungkin topiknya terkait dengan isu yang sedang ramai di masyarakat, Indonesia khususnya.  

Awalnya ini ditujukan sebagai kumpulan pesan bagi istri dan anak-anak kami, menjadi bekal utama mereka menjadi generasi yang membawa nilai-nilai Al Quran di dalam jiwanya; yang menjadikan prinsip-prinsip Al Quran sebagai pedoman dalam mereka mengambil keputusan dan memilih jalan hidup; akan tetapi ada sedikit harapan, mudah-mudahan ini dapat pula diambil manfaatnya bagi pembaca umumnya dan orangtua siswa Sekolah Alvania khususnya.

Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad; wa 'ala aali sayyidina Muhammad.

Semoga keberkahan dari mengkaji Al Quran selalu tercurahkan kepada kita semua. Semoga kita selalu ditunjukkan jalan yang lurus dan dihindarkan dari cara hidup mereka yang dimurkai Allah ataupun mereka yang tersesat. Amiin.