Selamat Ulang Tahun

Sekedar renungan mengenai hari akhir dan sisa usia kita.

Di Al Quran, Allah menyampaikan perumpamaan yg matematis:

AQ 22:47

‎وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَلَن يُخْلِفَ اللَّهُ وَعْدَهُ وَإِنَّ يَوْمًا عِندَ رَبِّكَ كَأَلْفِ سَنَةٍ مِّمَّا تَعُدُّونَ

Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.

Jadi kalau dibuat formula nya spt ini:

  • 1 hari akhirat = 1000 tahun dunia
  • 24 jam akhirat = 1000 tahun dunia
  • 3 jam akhirat = 125 tahun dunia
  • 1,5 jam akhirat = 62,5 tahun dunia

Kemudian mari kita simak ayat lainnya:

‎كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلَّا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا

Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari. (QS 79:46)

Di sini Allah menggambarkan juga, bahwa hidup kita di dunia hanya laksana waktu pagi atau waktu sore saja. Kalau waktu pagi jam 4 sampai jam 8 atau sore jam 2 sampai jam 6, maka kurang lebih hanya 4 jam (166 tahun dunia) yang mana masih klop dg umur manusia generasi sebelum kita, yang mana konsisten dengan ayat yang pertama di surat 22:47.

Allah pun banyak menyebut betapa singkat atau sebentarnya kita hidup di dunia dalam beberapa ayat lain di AQ:

‎قَالَ إِن لَّبِثْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا لَّوْ أَنَّكُمْ كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Allah berfirman: "Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui" (QS 23:114)

"...Hanya kepada Kami-lah mereka kembali, lalu Kami beritakan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati. Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras." (QS 31:23-24)

‎وَذَرْنِي وَالْمُكَذِّبِينَ أُولِي النَّعْمَةِ وَمَهِّلْهُمْ قَلِيلًا

Dan biarkanlah Aku (saja) bertindak terhadap orang-orang yang mendustakan itu, orang-orang yang mempunyai kemewahan dan beri tangguhlah mereka barang sebentar. (QS 73:11)

Nah, menggunakan formula di atas maka kita bisa memperkirakan berapa sisa usia kita kalau mengikuti jam akhirat. Kalau usia kita saat ini semisal sudah 40 tahun, maka waktu yang tersisa sebenarnya sudah tinggal 1/2 jam saja.

Jadi... Setelah tahu waktu kita yang sangat singkat, bekal apa yang akan kita cari? Apakah prioritas sehari2 kita sudah sesuai dg prioritas akhirat?

Sedikit mengutip Steve Jobs (salah satu pendiri perusahaan software dan komputer Apple), dia menyampaikan dalam salah satu pidato nya Stanford University mengenai perasaannya saat menerima kabar terkena kanker mematikan sbb:

"... Remembering that I'll be dead soon is the most important tool I've ever encountered to help me make the big choices in life. Because almost everything — all external expectations, all pride, all fear of embarrassment or failure — these things just fall away in the face of death, leaving only what is truly important. Remembering that you are going to die is the best way I know to avoid the trap of thinking you have something to lose. You are already naked. There is no reason not to follow your heart." (Sumber kutipan)

Terjemahan bebasnya kurang lebih spt ini:

 “Mengetahui bahwa saya akan segera meninggal adalah media yang paling ampuh yang saya tahu untuk membantu saya mengambil pilihan2 besar di dalam hidup. Karena hampir segalanya - harapan orang lain, kebanggaan, takut malu atau takut gagal - semua hal itu akan runtuh tidak ada artinya pada saat dihadapkan dengan yang namanya kematian; dan menyisakan hanya hal yang benar-benar penting.

Mengingat kita akan mati segera adalah hal terbaik yang saya tahu untuk menghindari jebakan bahwa kita akan kehilangan sesuatu. Kita semua sudah polos, vulgar tanpa busana. Benar2 tidak ada alasan apa pun untuk tidak mengikuti hati nurani kita.”

Jadi, bagi yang baru atau akan berulang tahun, ada baiknya kita ucapkan juga selamatnya berupa, "Selamat ulang tahun yang ke 1 jam. Barakallahu fi umrika. Insya Allah berkah di sekitar 1/2 jam umur yang tersisa." - sesuai apa yang disampaikan Allah SWT di dalam kitab-Nya yang mulia.

Wallahu a'lam.