Bacaan di Tengah Malam

Di pagi buta pada pertengahan 2008, kebetulan penulis harus ke kantor pukul 3 dini hari. Menggunakan taksi dengan mata yang masih mengantuk. 

Dalam perjalanan ke kantor tsb, penulis memutar MP3 surah Yaasin, murottal oleh Abdurrahman Sudais. Mendengarkan di tengah keheningan malam, ternyata membuat hati dan fikiran seperti mengembara ke alam haribaan Dzat Yang Maha Agung. Seperti sedang bersimpuh di depan pintu-Nya, mengetuk dan menunggu dibukakan hijab dan rahasia-Nya. 

Ternyata Allah juga menyitir mengenai kelebihan membaca Al Quran pada waktu malam. 

 إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (73:6)

File MP3 ini dibuat melalui rip-encode CD audio set murottal milik kakak penulis yang dibelinya pada saat haji.

Silahkan di download file MP3 ini. Bila sempat, cobalah dengarkan di tengah malam, di dalam kesendirian sambil hati mendzikirkan asma-Nya, "Ya Allahu... Ya Allahu.. Ya Allahu.."

Sebagai penutup, marilah kita renungkan firman-Nya di bawah sebagai berikut: 

 اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُّتَشَابِهًا مَّثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ ذَٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَن يَشَاءُ وَمَن يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun. (Az Zumar 39:23)

Semoga cahaya Allah melalui Al Quran tercurah ke dalam hati kita. 

Wallahua'lam.